POSYANDU ILP (INTEGRASI LAYANAN PRIMER) UPT PUSKESMAS PROPPO

Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Kementerian Kesehatan berkomitmen melaksanakan integrasi kesehatan dengan 6 pilar yaitu integrasi layanan primer, layanan rujukan, sumber daya manusia, ketahanan kesehatan, pembiayaan sistim digital. Integrasi Layanan Primer (ILP) fokus untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan melakukan peningkatan dan penguatan promosi serta pencegahan bagi sasaran siklus kehidupan, serta memperkuat pemantauan wilayah setempat.

UPT Puskesmas Proppo sudah menerapkan Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer di Posyandu. Pelaksana Posyandu ILP yaitu kader sedikitnya 5 orang dan didampingi oleh tenaga kesehatan

Sasaran Pelayanan Posyandu ILP adalah seluruh siklus hidup:

  1. Ibu Hamil, Ibu Nifas, dan Menyusui
  2. Bayi dan anak pra sekolah
  3. Usia Sekolah dan Remaja
  4. Usia Dewasa
  5. Lanjut Usia (Lansia)

Langkah-Langkah Pelayanan Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP)

  1. Pendaftaran
  2. Penimbangan dan Pengukuran
  3. Pencatatan
  4. Pelayanan Kesehatan
  5. Penyuluhan Kesehatan

Paket Layanan Hari Buka Posyandu

  1. Penyuluhan : Penggunaan Buku KIA, Isi Piringku sesuai usia, Aktifitas Fisik, Pemeriksaan kesehatan ibu hamil, Balita, Remaja, Usia Dewasa, dan Lansia, Pemantauan tanda bahaya ibu hamil dan balita, Penyakit terbanyak.
  2. Deteksi Dini : Ibu Hamil KEK, Balita berat badan kurang, berat badan tidak naik, tinggi badan kurang, Remaja anemia, Usia dewasa dan lanjut usia masalah obesitas, hipertensi, diabetes, gangguan indera, PPOK, TBC, Kesehatan jiwa, Usia Lanjut masalah geriatri.
  3. Imunisasi : BCG, Polio, DPT-Hb-HIB, MMR, PCV, Rotavirus
  4. Suplementasi : Vitamin A, Obat Cacing, Tablet Tambah Darah

Paket Layanan Di Luar Hari Buka Posyandu

  1. Puskesmas Pembantu : Manajemen kader posyandu, Pemantauan wilayah setempat, Pelaporan layanan kesehatan posyandu.
  2. Kunjungan Rumah : Pendataan anggota keluarga, Pemantauan risiko ibu hamil, nifas, bayi, balita, anak prasekolah, usia sekolah, remaja, usia dewasa dan lansia.
  3. Pemberdayaan Masyarakat : Survey mawas diri, Musyawarah Masyarakat Desa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post ASSESMENT TINGKAT KETERAMPILAN KADER UPT PUSKESMAS PROPPO
Next post SK JENIS PELAYANAN UPT PUSKESMAS PROPPO